Rumah Yang Berputar (360°) Mengikuti Arah Matahari

Sebuah rumah di Australia menjadi perhatian banyak orang. Bukan hanya karena desainnya yang berbeda tapi rumah ini juga memiliki teknologi rotasi yang akan berputar mengikuti arah matahari.

Rumah yang dimiliki oleh sepasang suami istri Luke dan Debbie Everingham ini memiliki desain oktagonal (delapan sudut). Lantai dasarnya dibuat melingkar dan atapnya dibuat mirip seperti atap mercusuar. Desain ini sangat berbeda dengan rumah-rumah biasa yang berdesain kotak dengan atap yang mengerucut.

Desain rumah oktagonal yang terletak di Wingham, New South Wales ini dimaksudnya untuk mempermudah dan memperbanyak kuantitas sinar matahari yang masuk. Sedangkan lantai dasar melingkar, yang hampir mirip turntable, dibuat agar mempermudah perputaran rumah.

Semua ruangan dalam rumah tersebut dilengkapi dengan saluran air dan listrik yang terpusat yang akan mengikuti saat rumah berputar. Mekanisme ini dibuat sedemikian rupa dengan tenaga yang berasal dari dua buah mesin listrik kecil, tidak lebih besar dari ukuran mesin cuci, dengan kendali yang berasal dari panel layar sentuh di ruang tamu.

Untuk membuat rumah tersebut, Keluarga Everingham menghabiskan dana sekira 400.000 poundsterling. Rumah tersebut memiliki berat sekira 20 hingga 30 ton, dengan diameter 24 meter dan dapat berputar 360 derajat.

"Permasalahan yang saya hadapi sekarang, kadang-kadang kami suka mengalami disorientasi arah," ujar Luke Everingham berkelakar.

Sumber

Newer Post Older Post

Leave a Reply