Mengenal Jenis-jenis Wayang di Indonesia

Jenis-jenis Wayang di indonesia
Wayang kulit purwa
wayang kulit purwa adalah salah satu wayang yang terbuat dari kulit sapi atau lembu (makanya di sebut wayang kulit ) ,mengisahkan cerita cerita purwa Ramayana dan Mahabharata .Cerita wayang kulit purwa pertama kali diciptakan dan diadopsi dari Cerita atau Naskah asli dari India oleh Sunan Kalijaga sebagai sarana dakwah Agama Islam

Wayang Orang
wayang orang sama definisinya dengan wayang kulit tetapi bedanya sesuai dengan namanya, wayang ini diperankan oleh Orang atau Wong.

Wayang Golek
wayang golek terbuat dari kayu .biasanya kayu yang dipakai adalah kayu mahoni .wayang golek banyak di gunakan dalam beberapa cerita .diantaranya wayang golek purwa yang menceritakan tentang epos Ramayana dan Mahabharata ,wayang golek lenong betawi yang menceritakan tentang betawi ,misalnya si manis jembatan ancol atau si jampang jago betawi . 

Wayang Suluh 
wayang suluh adalah wayang yang menceritakan tentang penyuluhan kepada rakyat atau berisi sindiran kepada pejabat atau pemerinta.

Wayang Wahyu
wayang wahyu menceritakan tentang alkitab atau bibel .wayang ini di ciptakan pertama kali oleh Pdt.Bruder Tometheos ,terbuat dari kulit sapi atau lembu.

Wayang Beber 
wayang beber pada zaman sekarang telah punah di telan zaman , wayang ini terbuat dari kain gulungan ,lalu dalang membuka gulungan ,menancapkannya dan menceritakan adegan di gulungan.
Sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=12874953

Newer Post Older Post

Leave a Reply